February 26, 2024
barang tambang

Sebagai sumber daya alam yang memiliki peran penting untuk memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari yang wajib untuk Anda ketahui adalah barang tambang dan manfaatnya, untuk penjelasannya simak dibawah ini.Seperti yang kita tahu Indonesia kaya akan sumber daya alamnya yang semestinya bisa dimanfaatkan secara bijak untuk memenuhi kebutuhan hidup. Untuk sumber daya alam itu sendiri salah satunya adalah berupa barang-barang tambang, seperti batu bara, gas alam, minyak bumi, timah, emas, dan sebagainya.

Sesuai yang sudah dipelajari tentang sumber daya alam, di mana ada dua jenis sumber daya alam yaitu sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dan sumber daya alam yang dapat diperbarui. Dengan pengetahuan ini Anda bisa mengenali juga tentang barang tambang.Sedangkan untuk barang tambang sendiri bukanlah sumber daya alam yang dapat diperbarui begitu saja, memerlukan waktu yang sangat lama dan panjang  agar bisa mendapatkan hasil dari barang tambang tersebut. Untuk itu, Anda harus tahu berbagai jenis barang tambang dan manfaatnya adalah sebagai berikut :

  • Batu Bara

Batubara merupakan bahan bakar fosil dan  sisa-sisa vegetasi prasejarah yang telah tertimbun di rawa-rawa dan rawa gambut. Selain itu, komponen yang tersimpan dengan baik di dalam tanah atau dibawah endapan tersebut terjadi adanya proses pembentukan batu. Batubara memiliki banyak manfaat untuk kebutuhan hidup, salah satu penggunaan batu bara adalah untuk pembangkit listrik.

  • Minyak Bumi

Minyak bumi merupakan bahan bakar yang berupa cairan yang ada di permukaan bawah tanah dan diproses dengan cara disuling hingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk kendaraan, mesin, dan lainnya. Selain itu, minyak bumi memiliki pengaruh yang cukup besar untuk politik dunia dan ekonomi global.

  • Gas Alam

Gas alam merupakan bahan bakar fosil di bumi yang tidak berwarna. Gas alam memiliki berbagai manfaat yaitu sebagai pembangkit listrik, bahan bakar kendaraan, LPG, dan lainnya.

Baca juga : https://clipperton2008.org/2022/04/05/daftar-perusahaan-tambang-di-indonesia/

  • Emas

Emas adalah logam lunak, padat, dan berwarna kuning. Selain itu, logam mulia sudah digunakan selama ribuan tahun oleh banyak orang di seluruh dunia. Emas sendiri biasanya memiliki manfaat untuk membuat perhiasan, aksesoris, gigi emas, untuk peralatan elektronik (komputer), dan lainnya.  

  • Perak

Perak merupakan logam transisi yang lembut, putih, berkilau, dan memiliki sifat konduktivitas listrik tertinggi, sehingga perak juga sudah lama dinilai sebagai logam mulia. Perak juga seperti emas yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan perhiasan.

  • Timah

Timah merupakan bahan tambang hasil dari pelapukan batuan granit. Timah dapat dimanfaatkan dalam sebagai pembuatan kaleng, pelapis besi dan tube. Selain itu, Biji timah ini juga diolah menjadi logam timah yang biasanya dimanfaatkan sebagai pembungkus permen, rokok, coklat dan sebagainya. 

  • Biji Besi

Biji Besi merupakan batuan dan mineral, di mana besi logam dapat diekstraksi secara ekonomis. Pada biji besi biasanya kaya akan oksida besi yang bervariasi dalam warna  abu-abu gelap, kuning cerah, atau ungu tua, bahkan hingga merah berkarat. Untuk pengelolaan bijih besi sebagai jenis barang tambang di Indonesia ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai bidang, khususnya pada bidang konstruksi.

Itulah sedikit informasi yang membahas tentang barang tambang dan manfaatnya untuk memenuhi kebutuhan hidup yang seringkali digunakan untuk keperluan sehari-hari, sehingga tidak ada salahnya untuk Anda mengetahui apa saja barang tambang itu. 

Salah satu perusahaan pertambangan indonesia adalah PT Citra Lampia Mandiri yang berlokasi di Luwu Sulawesi dan alamat kantor di jakarta.

Referensi Artikel : https://www.clmmining.com

Kunjungi kami juga di Google News!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *