June 20, 2024
jasa caregiver

Jasa caregiver adalah salah satu profesi dari cabang ilmu keperawatan yang memiliki banyak peminat, baik oleh pengguna jasanya ataupun tenaga kesehatan. Menjadi seorang caregiver artinya anda harus bertanggung jawab terhadap individu/pasien yang mempunyai keterbatasan kemampuan akibat usia, penyakit, kecacatan atau gangguan mental untuk membantu mereka dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. 

kunjungi juga : jasa perawat lansia

Perbedaan Caregiver dengan Perawat Lansia 

Jasa caregiver biasa disebut dengan pengasuh, perawat atau suster. Sehingga, tidak heran jika banyak orang beranggapan bahwa caregiver adalah perawat medis di rumah sakit. Padahal keduanya berbeda. Berikut perbedaan caregiver dan suster (perawat medis), yaitu:

  1. Perawat media adalah seorang perawat yang memiliki lisensi untuk memberikan perawatan medis terampil untuk para pasien, baik yang diberikan di rumah sakit atau dengan berkunjung langsung ke rumah.
  2. Suster hanya berada di rumah pasien dalam waktu beberapa jam saja per minggu.
  3. Perawat medis hanya bertugas melaksanakan instruksi khusus yang telah ditetapkan oleh dokter.
  4. Untuk menjadi seorang suster harus melewati pendidikan keperawatan dan mendapatkan ijazah atau seritifikat.
  5. Sedangkan, caregiver bertugas memberikan bantuan kepada pasien untuk menjalankan aktivitas keseharian sekaligus memberikan perhatian.
  6. Jasa caregiver bisa saja melakukan perawatan harian sesuai dengan kebutuhan pasien dan beberapa perawatan khusus lainnya yan diberikan saat ia mengikuti pelatihan.
  7. Seorang caregiver tidak melakukan perawatan medis. Hal ini dikarenakan perawatan medis hanya dilakukan oleh mereka, ahli medis yang sudah tersertifikasi.
  8. Caregiver memiliki ikatan emosional dengan pasien yang lebih kuat dibandingkan perawat medis. Karena sudah terbiasa menjadi teman dan membantu kebutuhan pasien sehari-hari. 

kunjungi juga : jasa perawat home care jakarta

Kriteria Seorang Caregiver yang Ideal 

Sudah tahukah anda, bahwa untuk menjadi seorang caregiver kualifikasi yang dibutuhkan tidaklah seketat perawat medis. Jasa caregiver bisa merupakan mereka yang berasal dari lulusan pendidikan kesehatan masyarakat, pendidikan keperawatan, atau telah menjalankan pelatihan dalam durasi tertentu. 

Bagian terpenting dari jasa caregiver adalah memiliki kepedulian dan kepribadian yang baik kepada orang lain, terutama lansia. Beberapa kriteria caregiver yang ideal adalah sabar, berpengalaman dan fleksibel.

Kunjungi kami juga di Google News!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *