July 15, 2024
Menjaga Kesehatan Mata.| Unsplash.com

Menjaga Kesehatan Mata.| Unsplash.com

ICRP Online- Menjaga kesehatan mata memang sangat  penting karena orang tersebut membuat manusia dapat melihat hal-hal yang ada di sekitarnya. Sehingga apabila mata mengalami gangguan, maka penglihatan akan terganggu pula.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Ada beberapa tiap yang bisa kamu coba untuk menjaga mata tetap dalam keadaan sehat. Adapun gangguan yang sering dialami jika oragan ini bermasalah diantaranya adalah mata kering, iritasi, dan lain sebagainya. Untuk menghindari hal tersebut, yuk lakukan beberapa tips berikut ini untuk membuat oragan ini tetap terjaga dengan baik.

1.      Melakukan pemeriksaan dengan rutin

Hal ini dapat dikatakan sangat urgen karena dengan begitu, kamu bisa mengetahui dengan betul bagaimana kondisi mata yang sebenarnya seperti apa. Adapun pemeriksaan rutinan ini disarankan dilakukan selama  dua tahun sekali. Bahkan untuk orang dewasa yang sudah berusia 40 tahun keatas dianjurkan untuk memberikan matanya setiap setahun sekali.

Semua itu dilakukan untuk mencegah penyakit yang dapat menyerang siapa saja dikarenakan pertambahan umur. Seperti halnya penyakit katarak, makula, glaucoma, dan lain sebagainya.  Dengan pemeriksaan yang dokter lakukan, maka kesehatan mata dapat diketahui sejak dini. Baik itu yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi, diabetes, dan lain sebagainya.

2.      Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Untuk menjaga kesehatan mata lebih baik, sebaiknya kamu mengkonsumsi berbagai macam yang kaya akan Vitamin C, vitamin A, Vitamin E, lutein, asam lemak omega-3, dan selenium. Makanan bernutrisi  ini sendiri dapat  mencegah berbagai masalah yang terkait dengan mata.

Seperti halnya macula maupun katarak. Kandungan-kandungan diatas dapat kamu peroleh dari berbagai macam makanan seperti jeruk, telur, salmon, buah melon, tuna, sayuran hijau, dan lain sebagainya.

3.      Gunakan gawai tidak dalam jangka waktu lama

Menggunakan smartphone maupun komputer dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan mata cepat sekali Lelah. Selain itu, dapat pula menimbulkan berbagai macam gejala seperti sakit bahu maupun punggung, sakit kepala, dan nyeri leher. Bahkan dapat pula menyebabkan mata menjadi kering sampai dengan penglihatan menjadi kabur.

Jika pun kamu perlu bekerja menggunakan komputer, maka pastikan untuk  setiap 20 menit sekali mengalihkan pandangan ke arah lain selama kurang lebih 20 detik. Lebih bagus lagi, jika kamu melihat warna yang hijau-hijau. Selain itu, kamu pun bisa mengistirahatkannya selama dua menit apabila sudah bekerja selama dua jam.

4.      Menghindari sinar Ultraviolet

Seperti yang kita ketahui bahwa sinar satu ini tidak terlalu bagus untuk kulit, sehingga diharuskan menggunakan cream pelindung. Namun, ternyata hal tersebut pun dapat membuat kesehatan pada indera pneglihatan ini terganggu. Pasalnya. Apabila keseringan terkena oleh sinar ultraviolet maka dapat menyebabkan mata memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena berbagai macam penyakit.

Seperti degenerasi makula, katarak, kanker mata, kornea terbakar, dan lain sebagainya. Sehingga dengan begitu, disarankan untuk menggunakan kacamata hitam untuk membuat mata terlindungi dari sinar UVB maupun UVA. Bahakn jika perlu gunakanlah topi yang bertepi lebar ketika melakukan aktivitas pada siang hari.

5.      Usahakan untuk berhenti merokok

Merokok tidak hanya dapat merusak paru-paru manusia, tetapi dapat meningkatkan terjadinya berbagai macam penyakit pada indera ini. Seperti halnya katarak, kerusakan pada saraf optic, makula, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, cobalah untuk berhenti merokok, jika tidak bisa langsung menghentikan kebiasaan tersebut. Lakukanlah secara bertapa sampai dengan kamu terbebas dari rokok. Jika perlu, hubungi dokter untuk konsultasi mengenai permasalahan ini.

Menjaga kesehatan mata menjadi sebuah upaya untuk membuat indera penghlihatan akan tetap dalam keadaan sehat. Sehingga tidak menimbulkan berbagai macam penyakit yang nantinya malah merugikan dirimu. Selain cara diatas, kamu juga bisa menjaganya dengan melakukan olahraga rutin dan hati-hati dalam penggunaan make up. Pastikan bahwa kandungan yang ada pada make tersebut aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *