April 15, 2024
Cara supaya gadget awet.| Unsplash.com

Cara supaya gadget awet.| Unsplash.com

ICRP Online- Gadget atau gawai merupakan barang elektronik yang memiliki fungsi khusus untuk mengalami perubahan. Saat menggunakan gawai, masyarakat bisa melakukan beberapa hal. Bahkan gawai saat ini telah digunakan oleh beberapa kalangan mulai dari pelajar, mahasiswi hingga masyarakat luas.

Gawai terbagi menjadi beberapa jenis seperti Laptop, handphone, kamera digital, headphone dan masih banyak lagi. Salah satu jenis gawai yang sering digunakan oleh masyarakat adalah handphone. Hal ini disebabkan karena bendanya kecil, sehingga efektif jika dibawa bepergian.

Cara Agar Gadget Lebih Awet

Memiliki barang elektronik, tentu harus dirawat dengan baik. Hal ini bertujuan agar gawai lebih awet dan tidak mudah rusak. Oleh karena itu, Kamu harus memperhatikan beberapa hal. Berikut beberapa cara agar gawai awet, yakni:

1. Isi Daya Gadget pada Level 10-20%

Saat menggunakan gawai, pengguna harus rutin mengisi daya. Namun, saat akan mengisi daya jangan biarkan dayaa baterai berada pada angka 0%. Hal ini disebabkan karena pengisian daya akan memakan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, isi daya gawai saat berada pada level 10-20%.

2. Jangan Isi Daya Semalaman Penuh

Apabila pengisian daya tidak diperhatikan dengan baik, maka gawai akan mudah rusak. Terlebih banyak orang yang mengisi baterai semalaman penuh. Jika hal ini dibiarkan terus terjadi, akan membuat baterai cepat rusak. Agar baterai awet, hentikan pengisian daya di angka 90%.

3. Gunakan Charger Bawaan Gawai

Charger bawaan gawai cenderung lebih bagus jika dibandingkan dengan charger palsu. Bahkan pengisian daya saat menggunakan charger asli cenderung lebih cepat daripada charger palsu. Charger asli juga membuat gawai semakin awet, sebab tidak membahayakan baterai.

4. Jangan Gunakan Gawai Saat Sedang Diisi Daya

Saat sedang mengisi daya gawai, jangan gunakan gawai untuk bermain. Hal ini bertujuan agar gawai tidak cepat rusak. Bahkan banyak gawai yang meledak saat digunakan sambil diisi daya, oleh karena itu hindari hal-hal ini. Tunggu sampai daya gawai penuh, baru gunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

5. Jangan Gunakan Gawai Saat Hujan Dan Muncul Petir

Saat musim penghujan, biasanya akan muncul petir. Petir ini sangat berbahaya bagi kehidupan manusia, bahkan bisa membuat gawai meledak. Oleh karena itu, jangan gunakan gawai pada saat muncul petir agar gawai tetap aman.

6. Jangan Sembarangan saat Menyimpan Gawai

Agar gadget lebih awet, jangan menyimpannya secara sembarangan. Saat menyimpan gawai terutama laptop di tempat yang penuh tekanan, akan membuat gawai cepat rusak. Oleh karena itu, simpan gawai dengan baik dan benar agar gawai lebih awet dan tidak mudah rusak.

7. Rutin Bersihkan Sampah pada Gawai

Saat menggunakan gawai, mungkin banyak sekali sampah yang membuat gawai lebih lemot. Apabila kondisi ini dibiarkan terus terjadi, akan membuat gawai mudah rusak sebab penyimpanannya penuh. Oleh karena itu, bersihkanlah sampah yang menumpuk pada gawai. Bila perlu hapus data-data yang sudah tidak digunakan.

Keuntungan Merawat Gawai dengan Baik dan Benar

Terdapat beberapa manfaat, jika Kamu merawat gawai dengan baik dan benar. Manfaat inilah yang menyebabkan banyak orang mencari cara agar gawai tetap awet. Berikut beberapa keuntungan yang bisa Kamu dapatkan ketika merawat gawai dengan benar, yakni:

·         Lebih hemat biaya

·         Gawai lebih awet

·         Gawai lebih nyaman saat digunakan

Berbagai manfaat di atas tentu membuat banyak orang berlomba-lomba dalam merawat gadget nya. Terlebih perawatan gawai terbilang cukup mudah, namun harus dilakukan dengan teliti. Kamu pun dapat membaca informasi lainnya melalui Best Collage Rangkings.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *