July 15, 2024
Obat sakit gigi alami.| Unsplash.com

Obat sakit gigi alami.| Unsplash.com

ICRP Online- Obat sakit gigi dapat membantumu untuk meminimalisir rasa sakit yang dirasakan. Untuk obatnya sendiri sebentar beragam dari mulai alami sampai yang kimiawi. Nah, pengobatan yang dilakukan secara alami menjadi solusi terbaik untuk kamu yang ingin mengandalkan bahan-bahan yang ada di sekitar. Dapat juga digunakan oleh orang-orang yang tidak ingin mengkonsumsi obat.

Rekomendasi Obat Sakit Gigi Alami

Ada beberapa rekomendasi obat yang terbuat dari bahan-bahan alami yang dapat membantumu untuk meredakan rasa sakit. Untuk lebih jauhnya, simak ulasan berikut ini yuk!

1.      Air Garam

Salah satu bahan alami yang dapat kamu manfaatkan untuk mengobati sakit gigi adalah garam. Adapun caranya yaitu dengan melarutkan satu sendok teh garam ke dalam larutan air yang mendidih. Kemudian setelah itu, tunggu beberapa saat sampai air menjadi hangat dan barulah berkumur sekitar 30 detik. Hati-hatilah supaya air nya tidak tertelan.

Selain itu, air garam dipercaya dapat membersihkan gigi dan menarik keluar cairan yang memicu pembengkakan terjadi. Tidak hanya itu saja, air garam pun ternyata dapat membersihkan sisa makanan. Namun, hal ini tidak boleh dilakukan  sering karena dapat menyebabkan gigi keropos.

2.      Lemon

Buah ini tidak hanya menyegarkan saja, tetapi dapat membantu sistem imun menjadi lebih kebal. Nah ternyata keasaman dari buah ini sendiri dapat meredakan sakit gigi. Hal ini karena buah lemon memiliki kandungan antibakteri dan antiseptic.

Adapun untuk meredakan sakit gigi tersebut, kamu hanya perlu meneteskan cairan lemon ke bagian gigi yang sakit. Selain itu, dapat juga dengan mencampurkan air dengan perasan lemon dan gunakanlah kapas untuk mengaplikasikannya ke bagian gigi sakit.

3.      Cuka Apel

Bahan satu ini tidak hanya dapat memberikan rasa lezat ke dalam makanan. Namun, dapat kamu manfaatkan untuk meredakan rasa sakit.  Hal ini karena cuka jenis ini memiliki senyawa antibakteri dan antimikroba yang dapat meredakan rasa sakit yang disebabkan karena adanya masalah pada gigi. Adapun caranya yaitu dengan menggunakan cuka apel untuk berkumur setidaknya sekitar 30 detik.

4.      Minyak Cengkeh

Rempah-rempah satu ini memiliki banyak kegunaan selain  dijadikan pelengkap masakan. Adapun salah satunya diolah menjadi minyak cengkeh yang memiliki kegunaan untuk  menghilangkan rasa sakit dan antibakteri alami. Adapun kandungan yang ada dalam minyak ini yaitu eugenol yang berfungsi untuk anestesi alami dalam mematikan saraf.

Namun, kamu pun tetaplah berhati-hati saat menggunakan minyak jenis ini. Hal ini karena jika tulisan tersebut kena gusi atau lidah yang sensitif maka dapat menimbulkan nyeri. Sehingga untuk lebih aman, kamu dapat menggunakan kapas yang telah ditetesi oleh minyak cengkeh. Kemudian nantinya, dioleskan pada gigi yang sakit.

5.      Daun Jambu

Obat alami selanjutnya adalah daun jambu yang memiliki sifat antimikroba dan anti radang. Sehingga baik untuk kamu gunakan dalam mengatasi rasa sakit akibat gigi yang bermasalh adapun carnaya yaitu dengan membersihkan dua lembar jambu merah.

Kemudian kunyahlah daun tersebut sampai ekstraknya keluar. Nantinya, kamu dapat menggunakan ekstrak daun tersebut untuk mengoleskannya pada gigi. Selain itu, kamu pun dapat menjadikan obat kumur.

Adapun caranya yaitu dengan merebusnya di air yang mendidih kemudian diamkan. Setelah hangat, tambahkan sedikit garam. Obat kumur alami yang dapat meminimalisir rasa sakit  pun sudah siap kamu gunakan

Beberapa obat sakit gigi alami diatas dapat kamu jadikan pengobatan darurat dalam mengatasi gigi yang sedang bermasalah. Namun, jika gigi sudah terasa sangat sakit dan malah tambah buruk maka sebaiknya periksakan diri ke dokter terdekat.  Kamu pun dapat membaca informasi seputar kesehatan lainnya di Bloomington Chritian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *