February 27, 2024
Ciri dan penyebab depresi.| Unsplash.com

Ciri dan penyebab depresi.| Unsplash.com

ICRP Online- Depresi dapat menghadang siapa saja tanpa pandang bulu. Akan tetapi, jika hal tersebut dibiarkan begitu saja, maka akan menghambat rutinitasmu sehari-hari.  Sehingga tidak dapat dianggap sepele. Lalu apa itu depresi? Yaitu sebuah gangguan yang ditandai dengan kehilangan minat  pada hal yang ia senangi dan kesedihan berkepanjangan .

Ciri-Ciri Depresi

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan hal tersebut, ada baiknya untuk mengetahui atau mengenali ciri-cirinya. Namun, perlu ketahui setiap orang yang mengalami kondisi ini mengalami ciri yang tidak selalu lama. Hal tersebut tergantung seberapa parah depresi yang dialaminya. Adapun untuk lebih jauh, inilah beberapa ciri dari kondisi tersebut.

1.      Ciri Psikis

Biasanya seseorang yang mengalami depresi memiliki ciri sering menyalahkan diri sendiri secara terus menerus karena merasa bersalah, kerap merasa, tidak berharga bahkan putus asa. Tidak hanya itu saja, seseorang yang mengalami hal ini maka akan kerap merasa cemas maupun khawatir secara berlebihan.

Bahkan bisa saja merasa kesulitan untuk fokus, mengambil keputusan, menunjukan sikap apatis, seperti tidak ada motivasi, memiliki keinginan untuk menyakiti diri sendiri dan tingkat sensitif nya tinggi. seperti halnya sering menangis maupun mudah marah.

2.      Ciri Fisik

Adapun untuk ciri-ciri fisik yangs erring ditunjunkan adalah tubuh merasa lelah atau tidak berenang, tidak berselera makan, mengalami kesulitan tidur, atau malah menjadi lebih banyak tidur. Tidak hanya itu saja, orang yang sedang dalam kondisi ini akan mengalami pusing atau nyeri tanpa sebab.

Bahkan  gerak tubuh menjadi lambat dibandingkan biasanya, mengalami kehilangan gairah seksual,  dan berat badan menjadi turun atau naik.

Penyebab Depresi

Sebenarnya belum ada kepastian mengenai penyebab dari kondisi ini sendiri. Namun, diketahui ada beberapa hal yang diduga dari penyebab kondisi ini dialami oleh seseorang atau individu. Adapun alasan nya adalah sebagai berikut!

1.      Trauma

Ketika seseorang mengalami kejadian yang mengguncang dirinya sehingga membuat orang tersebut trauma ternyata dapat memungkinkan orang jadi depresi. Baik karena kehilangan orang yang dicintai, mengalami pelecehan, kecelakaan, dan hal traumatis lainnya. Hal ini karena respon tubuh terhadap situasi yang sulit dapat mempengaruhi kesehatan mental maupun kesimbangan emosi.

2.      Kondisi Kesehatan Fisik

Kesehatan fisik yang buruk pun ternyata dapat memicu seseorang mengalami depresi. Baik itu karena penyakit kronis, gangguan neurologis, dan gangguan hormonal. Tidak hanya itu, bisa juga karena mengidap diabetes, penyakit Parkinson, maupun kanker lebih rentan  dalam mengalami depresi.

3.      Pengaruh lingkungan

Kondisi lingkungan pun dapat memicu seseorang mengalami depresi. Adapun faktor nya sendiri sendiri karena konflik interpersonal, isolasi sosial, dan kehilangan pekerjaan.

4.      Gangguan Kecemasan

Penyebab selanjutnya yaitu karena mengalami sebuah gangguan kecemasan, baik itu gangguan panik maupun kecemasan generalisasi. Hal tersebut dapat membuat emosi, perilaku individu, maupun emosi seseorang terpengaruh.

5.      Keturunan

Beberapa sumber menyebutkan bahwa gen memiliki resiko dapat mempengaruhi seseorang mengalami depresi. Dengan begitu, seseorang yang memiliki keluarga inti dengan kondisi serupa dapat meningkatkan kemungkinan orang tersebut mengalami depresi.

6.      Obat dan alkohol

Tidak hanya faktor-faktor diatas saja, mengkonsumsi obat seperti halnya narkoba maupun minum alkohol memicu seseorang untuk mengalami depresi.

Beberapa penyebab depresi bagi setiap orang, bisa saja berbeda.  Dengan begitu, penyebab kondisi ini tidak bisa disamaratakan bagi semua orang. Selain itu, orang yang merasa kewalahan dalam mengatasi masalah dalam hidupnya berpeluang untuk mengalami masalah kesehatan mental. Jika kamu merasa hal ciri-ciri tersebut kamu alami dan terasa mengganggu produktivitas. Maka jangan ragu untuk menghubungi tenaga ahli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *