June 23, 2024
Penyebab sakit maag.| Unsplash.com

Penyebab sakit maag.| Unsplash.com

ICRP Online- Sakit maag dapat menghambat produktivitas siapa saja yang mengalaminya. Hal ini karena biasanya menimbulkan rasa sakit di ulu hati, perut tidak nyaman, pusing, sampai dengan sesak nafas. Selain itu, penyebab seseorang maag itu beragam. Sehingga tidak dapat disamakan satu sama lain. Selain itu, perlu diketahui bahwa lambung memiliki fungsi untuk mencerna makanan setiap harinya.

Dimana hal tersebut dibantu oleh enzim renin dan enzim yang bercampur dengan HCL atau asam lambung.  Sehingga ketika ada gangguan, akan menyebabkan mukosa menjadi rusak. Hal inilah yang menyebabkan nyeri atau rasa sakit yang menderita maag rasakan.

Penyebab Maag

Apabila mukosa terus menerus mengalami kerusakan, maka akan menyebabkan iritasi. Dengan kata lain, rasa sakit tersebut disebabkan karena asam lambung bersentuhan dengan lapisan Mukosa. Selain hal tersebut, ada pula penyebab lainnya. Untuk lebih jauh, simak ulasan berikut ini dulu yuk!

1.      Cemas secara berlebihan

Kecemasan yang kamu miliki maka akan menyebabkan maag menjadi lebih cepat kabuh. Hal ini karena merasa perasaan cemas akan mengurangi tekanan sfingter atau disebut juga dengan otot kerongkongan. Dengan begitu, sama lambung mengalir balik.

Selain itu, perasaan ini pun akan menyebabkan stress yang menjadikan otot menjadi lebih tenang. Ketika merasa stres, maka otot lambung pun dapat berpeluang untuk menekan orangan lainnya yang disekitarnya dan membuat asam lambung terdorong. Sehingga penting sekali untuk memperhatikan kesehatan mentalmu dengan baik.

2.      Makan Tidak teratur dan mengunyah dengan tempo cepat

Usahakan untuk makan mengatur makananmu sehingga tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan. Seperti halnya maag yang kamu derita semakin parah. Maka, makanlah sebelum kamu lapar banget dan berhenti sebelum merasa kekenyangan.

Pasalnya, jika lapar maka akan cepat kalap dan mengunyah pun semakin cepat untuk menelannya. Nah, hal tersebut pun menyebabkan maag dapat kambuh dengan cepat karena makanan tidak dikunyah asal-salaan.

Selain itu, makan saat keadaan lapar banget juga dapat menyebabkan memilih dengan kalap. Padahal setelah mencobanya beberapa suap saja, kamu pasti akan merasakan kenyang.

3.      Asal mengkonsumsi makanan

Makanan-makanan tertentu pun ternyata dapat menyebabkan maag kambuh. Seperti halnya mengkonsumsi makanan yang berminyak, pedas, dan berlemak. Tidak hanya itu, sebaiknya kamu pun membatasi untuk mengkonsumsi kafein, coklat, atau soda. Pasalnya, makanan-makanan ters belut dapat memicu kambuhnya maag.

Cara Pengobatan Maag Yang Kambuh

Nah penangan ini pun sendiri tergantung dari penyebabnya apa. Sehingga dengan begitu, kamu akan menemukan cara yang tepat dalam pengobatannya. Misalnya, jika seseorang mengalami maag kambuh karena terlalu stress, maka usahakan untuk tetap rileks. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menarik nafas secara perlahan-lahan dan lain sebagainya.

Namun, jika dirasa penyebab maag berasal dari pola hidup yang buruk maka cobalh untuk tidak mengkonsumsi makanan berlemak, pedas, kafein, dan alkohol secara berlebihan. Bahkan cobalah untuk makan dengan porsi yang sedikit-sedikit, tetapi sering.  Selain itu, cobalah untuk tidur selama 7 jam setiap malamnya. Bahkan usahakan untuk berhenti merokok.

Jika kamu tidak tahu penyebabnya dan bahkan sudah berusaha semaksimal mungkin. Akan tetapi, kondisi tidak membaik, segeralah hubungi atau periksakan diri ke dokter terdekat. Sehingga kamu bisa mendapatkan penangan yang tepat.

Sakit maag dapat disebabkan oleh beberapa hal dan penyakit ini pun tidak dapat dianggap sepele. Pasalnya, dapat menyebabkan hal serius jika tidak ditangani dengan tepat. Maka, untuk terhindar dari hal tersebut cobalah terpaan gaya hidup sehat dan dapat mengelola stress dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *