April 15, 2024
baby spa

Spa merupakan kegiatan relaksasi yang dapat menenangkan tubuh dan pikiran. Tidak hanya untuk orang dewasa, spa juga tersedia untuk bayi dan anak-anak. Bahkan, baby spa sempat menjadi tren di kalangan para ibu. Bukan hanya sekedar tren, nyatanya baby spa memberikan banyak manfaat untuk si kecil. Apa saja?

Menstimulasi Otot

Di baby spa, terdapat kegiatan berenang di mana si kecil akan diberikan pelampung di lehernya. Kegiatan ini bernama hidroterapi yang sangat bermanfaat dalam menstimulasi otot kaki dan lengan anak agar menjadi lebih kuat. Bahkan terbukti bahwa bayi yang menjalani hidroterapi dapat belajar berjalan lebih cepat, karena otot kaki mereka sudah terlatih dan lebih kuat.

Mengoptimalkan Perkembangan Motorik

Manfaat selanjutnya dari baby spa adalah mengoptimalkan perkembangan motorik anak. Bayi berusia 0 tahun hingga 1 tahun mengalami banyak fase belajar, mulai dari belajar telungkup, duduk, merangkak, hingga berjalan. Hal ini berkaitan dengan motorik kasar dan motorik halus si kecil. Dan baby spa dapat mendukung perkembangan motorik mereka.

Meningkatkan Berat Badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa stimulasi pijat dapat membantu meningkatkan berat badan anak. Sebuah studi dalam jurnal Indian Pediatrics melakukan pengujian kepada bayi premature dengan memberikan mereka stimulasi pijat. Hasil studi menunjukkan bahwa bayi-bayi tersebut mengalami kenaikan berat badan sebesar 47% lebih tinggi daripada bayi yang tidak diberikan stimulasi.

Hal ini diduga karena stimulasi pijat memiliki pengaruh pada peningkatan aktivitas sistem saraf vagal dan motilitas lambung. Sehingga, nutrisi yang diserap tubuh menjadi lebih efisien, yang kemudian berdampak pada peningkatan berat badan bayi. Hal yang menarik adalah efek stimulasi pijat tersebut bisa menjadi lebih baik saat menggunakan minyak, seperti minyak bunga matahari dan minyak kelapa.

Mengurangi Perilaku Stress

Bayi dan anak yang menjalani baby spa terbukti lebih jarang menangis, rewel, tantrum, atau menunjukkan perilaku stress lainnya. Hal ini karena baby spa membuat bayi menjadi lebih rileks. Selain itu, anak juga memiliki pola tidur yang lebih baik dan nafsu makan yang meningkat. Studi dari Jerman menunjukkan bahwa bayi yang sering menjalani baby spa cenderung lebih matang dari segi orientasi, motorik, sosial dan perilaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *