July 24, 2024
Perawat home care.| Unsplash.com

Perawat home care.| Unsplash.com

ICRP Online- Perawat home care dapat membantu kamu untuk merawat diri maupun anggota keluarga yang membutuhkan perawatan di rumah. Namun, untuk mendapatkan seseorang yang bisa dipercaya dengan keahlian yang memadai, memang perlu mempertimbangkan beberapa hal. Sehingga perawat yang dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Tips Mencari Perawat Home Care

Pelayanan yang didapatkan ketika menggunakan jasa perawat home care ini adalah kamu tidak perlu khawatir mengenai kondisi kesehatan. Pasalnya, orang yang merawat telah memiliki sertifikat resmi yang menunjukan kemampuannya. Untuk mencari perawat yang tepat dan dapat melakukan perawatan di rumah yaitu sebagai berikut!

1.      Kredibilitas penyedia jasa perawat home care tinggi

Sebenarnya, hal ini dapat kamu cari secara individual sehingga tidak perlu pergi ke agensi. Namun, jika kamu merasa ragu, tidak ada salahnya untuk memilih perawat  dari penyedia jasa. Bisanya agensi yang memiliki kredibilitas tinggi memiliki ulasan di sosial media maupun website itu positif.

Bahkan tidak jarang banyak direkomendasikan oleh para customer sebelumnya.  Selain itu, biasanya memiliki jaminan garansi untuk setiap jenis layanan yang disediakan. Sehingga jika terjadi kesalahan ataupun ketidakpuasan, kamu dapat mengajukan komplain. Selama itu memang sesuai dengan kesepakatan yang berlaku.

2.      Memiliki background pendidikan formal perawat

Latar pendidikan menjadi salah satu hal penting untuk memilih perawat home care. Hal ini karena supaya penanganan yang dilakukan tepat nantinya.  Adapun untuk background pendidikan ini bisa jadi D3 perawat, S1 Perawat, D3 Kebidanan, dan lain sebagainya.

Pasalnya dengan berasal dari sekolah yang sejalur, maka mereka tidak hanya mampu memahami teori. Namun, memahami penanganan dalam suatu case itu seperti apa. Tentu akan bahaya jika penangan yang dilakukan tidak sesuai dengan kebutuhan pasien, bukan?

3.      Pilih perawat dengan STR aktif

Profesi perawat tidak dapat dilakukan oleh semua orang karena mereka perlu menempuh pendidikan formal terlebih dahulu. Sebelum akhirnya dapat bekerja sesuai dengan jurusan yang mereka pilih. Selain lulus dari perguruan tinggi, seorang perawat pun wajib memiliki STR atau surat tanda registrasi untuk dapat bekerja.

Dokumen tersebut dijadikan bukti bahwa individu atau orang tersebut sudah melakukan uji kompetensi. Dengan begitu, sangat penting untuk memilih perawat yang memiliki STR aktif.  Kamu dapat menanyakan ini langsung kepada pihak penyedia jasa dan meminta izin untuk dapat melihat dokumen-dokumen tersebut.

4.      Pengalaman kerja

Seseorang yang memiliki pengalaman pasti akan memiliki kemampuan yang lebih memadai. Sehingga dia jauh lebih mudah dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, jika kamu membutuhkan perawat untuk merawat lansia  dengan penyakit kronis. Jika dia telah memiliki pengalam dalam pekerjaan tersbut. Maka, ia tidak akan kebingungan atau kaku dalam melakukan pekerjaan.

5.      Lakukan wawancara

Jika kamu telah mendapatkan kandidat perawat home care yang potensial, maka langkah selanjutnya yaitu melakukan wawancara dengan mereka. Interview ini sendiri dapat kamu lakukan secara online maupun offline, sesuaikan dengan kebutuhan. Adapun tujuan dari hal ini adalah mengetahui lebih jauh kemampuan dan karakter dari perawat yang akan direkrut.

Selain itu, kamu pun dapat menyampaikan hal-hal penting yang harus dilakukan oleh perawat tersebut. Bahkan sampaikan pula klien yang akan nanti urusnya. Dari mulai usia, aktivitas kesehariannya, karakter, dan segala hal yang memang dibutuhkan. Sehingga, baik kamu maupun perawat dapat memahami kebutuhan satu sama lain. Dari sinilah kamu dapat menentukan apakah perawat tersebut cocok atau tidak dengan kebutuhanmu.

Mencari perawat home care memang perlu hati-hati supaya nantinya, kamu dapat menggunakan jasanya sesuai dengan kebutuhanmu. Adapun caranya yaitu mencari di agnesi dengan kredibilitas tinggi maupun memiliki background pendidikan yang berhubungan. Tidak hanya itu, periksalah track record nya dalam merawat pasien dari mulai memperhatikan kesehatan mental, menyiapkan makanan sehat, dan sebagainya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *